Rabu, 01 Februari 2012

PENDAPAT TENTANG MK IKD I


Apa pendapat anda tentang mata kuliah Ilmu Keperawatan Dasar (IKD) I?
Menurut saya, mempelajari mata kuliah Ilmu Keperawatan Dasar (IKD) I sangat penting. Selama ini proses pembelajaran lebih sering diartikan sebagai pengajar (dosen) menjelaskan materi kuliah dan mahasiswa mendengarkan secara pasif. Namun telah banyak ditemukan bahwa kualitas pembelajaran akan lebih meningkat jika para mahasiswa sebagai peserta proses pembelajaran memperoleh kesempatan yang luas untuk bertanya, berdiskusi, dan menggunakan secara aktif pengetahuan baru yang diperoleh. Dengan cara ini diketahui pula bahwa pengetahuan baru tersebut cenderung untuk dapat dipahami dan dikuasai secara lebih baik.
Proses pembelajaran mata kuliah ilmu keperawatan dasar I ini juga sudah bagus karena dalam prosesnya selalu dilakukan upaya-upaya dalam rangka pengembangan secara teus-menerus untuk mencapai suatu mutu yang lebih baik. Selain mencapai kompetensi utama dari mata kuliah ilmu keperawatan dasar I ini, para mahasiswa juga diharapkan mampu beradaptasi dengan perkembangan informasi dan teknologi. Untuk mencapai hal tersebut, mahasiswa diajarkan cara membuat email dan membuat blog.
Saat ini, dalam proses pembelajaran mata kuliah ilmu keperawatan dasar I ini sudah baik, akan tetapi alangkah lebih baiknya lagi jikalau diselingi dengan bercanda gurau agar para mahasiswa tidak tegang pada saat proses belajar-mengajar berlangsung (lebih enjoy). Saat mengajar sebaiknya para dosen juga lebih berinteraksi lagi kepada mahasiswa dan tidak hanya sekedar membaca slide persentation agar para mahasiswa lebih aktif dalam belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar